Kamis, 09 Mei 2013

MENGENAL SIFAT CERMIN DENGAN SENDAL JEPIT

Cermin adalah permukaan yang licin dan dapat menciptakan pantulan sehingga membentuk bayangan. Seperti yang kita ketahui, cermin itu terbagi menjadi 3 jenis, yakni cermin datar,cermin cekung dan cermin cembung. Ketiga cermin ini tentunya memilki sifat-sifat yang berbeda. Misalnya pada cermin datar, sifatnya adalah memantulkan bayangan benda sama seperti aslinya. Sedangkan cermin cembung sifatnya menyebarkan sinar, dan cermin cekung sifatnya adalah mengumpulkan sinar.


(cermin cembung)


(cermin cekung)

Hal ini memang kelihatannya sepele, tapi saya yakin terkadang kita sering lupa ataupun tertukar antara sifat yang dimiliki cermin, khususnya cermin cekung dan cembung. Lalu bagaimana untuk membuat suatu karaktersitik tertentu yang mudah diingat unutuk membedakan kedua jenis cermin yang sering tertukar ini?


Sederhana saja. Kita tidak membutuhkan alat peraga mahal dan rumit, kita hanya butuh sebuah barang bekas yang saya rasa tidak sulit untuk menemukannya. Sendal jepit. Ya, dengan sendal jepit ini kita dapat mengenalkan dan membantu siswa untuk mengingat lebih mudah sifat cerimin cembung dan cermin cekung.


(cermin cekung)

(cermin cembung)

Bagaiamana, tertarik untuk mencobanya?

sumber : www.rumushitung.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More